Teh, Minuman Yang Kaya Manfaat

Siapa yang tidak mengenal teh? Salah datu jenis minuman yang sangat digemari masyarakat Indonesia bahkan dunia. Bagi sebagian orang, kebiasaan minum teh sudah menjadi bagian penting, jika sehari saja tidak minum teh maka terasa ada sesuatu yang kurang. Teh yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah teh hitam dengan campuran bunga melati kering.

Beragam Jenis Teh

Ada berapa jenis teh yang Anda tahu ? Rata-rata masyarakat DI Indonesia hanya mengetahui jenis teh seperti teh hitam dan teh hijau. Padahal masih banyak jenis teh lainnya.

1. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang cukup familiar bagi kita. Rata-rata orang mengenal teh ini sebagai teh pelangsing tubuh. Teh hijau ini rasanya lebih soft dibandingkan dengan teh hitam. Teh hijau mengandung senyawa

2. Teh putih

berasal dari pucuk daun teh yang muda. Kadar kafeinnya sangat rendah. Selain itu rasanya juga lebih ringan dan memiliki zat anti kanker yang paling baik. Teh ini sangat cocok untuk program diet Anda.

3. Teh herbal

Teh jenis ini pada dasarnya bukan terbuat dari tanaman Camellia Sinesis melainkan terdiri dari daun akar, kulit kayu, biji, serta bahan herbal lainnya. Beragam jenis teh herbal seperti teh lavender, teh chamomile, serta teh peppermint.

4.Oolong tea

Teh jenis ini hampir sama dengan teh hitam namun difermentasi dalam waktu yang singkat. Teh oolong ini memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau.

Ternyata banyak sekali jenis teh yang ada di dunia ini. Anda dapat mencoba beragam jenis tersebut sambil bersantai di rumah. Teh memang dikenal memiliki efek relaksasi yang baik untuk menghilangkan letih dan penat. Lalu apalagi manfaat dari teh?

  1. Mencegah obesitas

Teh mengandung polifenol yang apabila bekerja sama dengan kafein maka akan meningkatkan oksidasi lemak sehingga mencegah tubuh Anda dari obesitas.

  1. Anti penuaan dini

Teh memang dikenal mengandung zat antioksidan yang sangat berguna untuk merawat kulit dan dapat mencegah penuaan dini.

  1. Melindungi fungsi hati

Katekin yang terkandung dalam teh adalah zat yang dapat menangkal radikal bebas serta peradangan. Hal ini akan dapat mencegah kerusakan fungsi hati.

  1. Meningkatkan kesehatan gigi

Apabila Anda rajin mengonsumsi teh putih maka kesehatan gigi Anda dapat terjaga karena mengandung kalsium dan flouride.

Masih banyak lagi manfaat teh yang tidak terduga seperti mengobati sakit kepala, mengatasi sembelit, serta sebagai anti alergi.

Bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung maka sebaiknya mengonsumsi teh yang mengandung kadar kafein yang rendah. Seimbangkanlah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta memenuhi kebutuhan vitamin dan serat.