Proses Kreatif Pembuatan Logo Produk dan Perusahaan

Menghasilkan suatu logo yang akan menjadi wajah bagi produk atau perusahaan bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Tingkat kreativitas yang tinggi harus dapat dipadukan dengan kejelian dalam menarik perhatian konsumen. Logo dibuat sebagai salah satu media promosi bisnis yang akan membuat konsumen ingat hanya dengan melihat logo tersebut. Pembuatan logo perusahaan atau suatu produk membutuhkan proses panjang sebelum dapat digunakan untuk media promosi.

Proses Pembuatan Logo Suatu Produk dan Perusahaan

Bagi graphic designer, pembuatan logo untuk suatu perusahaan atau suatu produk memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Hal tersebut merupakan suatu tantangan besar di mana rasa kreativitas seorang designer sangat diandalkan untuk dapat membuat logo yang menarik. Bukan hanya sekedar menarik, pembuatan logo perusahaan juga harus dapat menyampaikan keunggulan produk kepada konsumen. Berikut ini beberapa tahapan singkat dari proses kreatif seorang graphic designer dalam membuat logo produk atau perusahaan.

  1. Informasi seputar produk

Sebelum designer mulai membuat logo untuk klien, hal pertama yang harus dilakukan adalah menggali informasi seputar produk yang akan dibuatkan logo. Beberapa hal penting dari produk seperti jenis produk, kegunaan, keunggulan, dan target konsumen yang diincar dari penjualan produk tersebut. informasi-informasi tersebut sangat dibutuhkan untuk penentuan bentuk, warna dan desain logo yang akan dibuat sehingga logo dapat membidik sasaran yang tepat.

  1. Keinginan klien

Setiap klien selalu memiliki keinginan berbeda akan logo produk yang mereka inginkan. Untuk memuaskan klien, seorang designer tentu saja harus mendengarkan, dan memenuhi keinginan klien. Kepuasan klien memang penting, namun designer juga akan memberikan masukan terbaik agar hasil logo yang dibuat merupakan desain terbaik. Hal tersebut tentunya akan membuat klien lebih puas dengan pelayanan yang mereka berikan.

  1. Pembuatan logo

Tahap terakhir setelah mendapat informasi seputar produk dan memahami keinginan klien adalah proses pengerjaan membuat logo. Dalam proses pembuatan logo perusahaan ini daya kreativitas designer harus sangat dimaksimalkan untuk membuat logo terbaik. Perlu diingat bahwa membuat desain tidak perlu terlalu mengikuti trend karena trend tersebut cepat atau lambat akan digantikan dengan trend yang baru. Logo yang sederhana namun menarik dan menonjolkan kelebihan produk tentu lebih baik ketimbang hanya mengikuti trend yang ada.